Alasan Saya Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Kenapa Anda memilih rangka atap baja ringan sebagai pengganti rangka atap kayu lama Anda? apa alasannya? Pertanyaan yang acap kali diutarakan dan menjadi pertimbangan dari beberapa rekan dan mungkin sekali terjadi pada Anda ketika hendak memutuskan renovasi khususnya rangka atap bangunan Anda ataupun bagi yang saat ini sedang membangun rumah baru.

Sebagai prolog, pemanfaatan rangka baja ringan sebagai rangka atap pengganti material kayu sebenarnya bukan hal baru lagi di Indonesia, namun mengingat persebaran penggunaan material baja ringan yang belum bisa dibilang merata di seluruh Indonesia, serta rentang waktu pemanfaatan yang relatif ‘lebih muda’ ketimbang material kayu, kita bisa bilang baja ringan untuk atap tergolong ha baru di Indonesia.

Penggunaan rangka atap baja ringan meluas baru di beberapa kota besar, khususnya terkait pengembangan kawasan residensial baru yang memang mengadopsi material konstruksi terkini.

Peralihan penggunaan material baja ringan sebagai rangka atap tidak hanya sebatas pada aspek pertimbangan ekonomis namun juga terkait pemahaman masyarakat Indonesia terkait keuntungan yang didapat dari penggunaan baja ringan sebagai material rangka atap pengganti kayu.

Baik, melalui posting ini kami coba jelaskan kembali tentang apa saja kelebihan rangka atap baja ringan dibandingkan dengan rangka atap bermaterial kayu. Hal fundamental/mendasar yang menjadi pertimbangan kenapa saya dan Anda sebaiknya mulai menggunakan rangka atap bermaterial baja ringan ini sebagai elemen utama bangunan, diantaranya kami jelaskan sebagai berikut.

Keunggulan Penggunanan Rangka Atap Baja Ringan

  1. Material anti rayap. Menengok pengalaman pribadi di rumah kami, penggunaan material kayu untuk kusen dsb sangat rentan sekali terhadap gempuran rayap. Terbayang bukan jika ‘penyakit’ serupa terjadi pada rangka atap bangunan Anda? Memang hal ini bisa disiasati dengan penggunaan material kayu oven berkualitas. Namun, material kayu berkualitas bagus bisa dibilang sudah tidak mudah lagi ditemui di pasaran dan harganya pun tidak lagi murah. Atas dasar hal ini, pemilihan rangka atap bermaterial baja ringan dibilang sebagai solusi alternatif yang paling masuk akal ketika Anda menghendaki rangka atap dengan usia penggunaan jangka panjang, dengan harga relatif murah.
  2. Waktu pengerjaan lebih cepat. Berdasarkan pengalaman kami selaku aplikator rangka baja ringan, khusus untuk pengerjaan rangka atap waktu/standar prestasi kerja rangka baja terpasang berkisar antara 25-30m2 per harinya. Waktu ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan standar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi atap bermaterial kayu.
  3. Beban atap lebih ringan. Tidak dipungkiri lagi bahwa bobot material baja ringan –sesuai namanya– jauh lebih ringan dari material kayu untuk kuda-kuda atap. Secara keseluruhan beban yang disokong oleh konstruksi bangunan dibawanya akan lebih ringan. Faktor ini sangat cocok dijadikan sebagai pertimbangan untuk mengaplikasikan rangka baja ringan untuk bangunan khususnya untuk daerah rawan gempa, termasuk di Indonesia.
  4. Rangka baja ringan hemat biaya. Oleh sebab memiliki durabilitas tinggi, waktu pengejaan yang lebih singkat dan membawa dampak pembebanan yang lebih ringan pada konstruksi bangunan secara keseluruhan maka sangat logis jika penggunaan rangka baja ringan dapat membawa penghematan pada biaya konstruksi bangunan Anda.
  5. Rangka baja ringan memiliki kemampuan keluwesan dalam aplikasi. Meski belum sepenuhnya bisa menggantikan material kayu dalam hal keluwesan, material baja ringan juga adaptable dalam penerapannya, meski terkadang tetap diperlukan beberapa penyesuaian.

Nah, demikian beberapa alasan mengapa kami memilih rangka atap baja ringan sebagai material konstruksi pengganti kayu. Masih banyak sebenarnya pertimbangan/keuntungan lain dari penerapan rangka baja ringan yang tidak bisa kami sebut seluruhnya di sini, misalnya saja kaitannya dengan efeknya terhadap kelestarian lingkungan.

Namun demikian, kami rasa dari lima alasan tersebut cukup mewakili mengapa kami memilih rangka atap baja ringan sebagai alternatif yang menjanjikan. Untuk Anda? kenapa masih menunda lagi? Ingat ya..hanya gunakan aplikator yang berpengalaman, kompeten, dan produk baja ringan yang berkualitas, AtapbajaringanOnline.com

Leave a Reply

You might also likeclose