Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Memilih Rangka Atap Baja Ringan – Bagaimana baiknya? Berikut kami sajikan Tipsnya. sebelum kita membeli atap baja ringan, sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara memilih rangka atap baja ringan yang baik. disini akan di jelaskan sedikit Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan yang baik, harus berpatokan pada banyak hal dan ketelitian sebelum membeli sangat diperlukan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya atau paling tidak mampu memberi pertimbangan kuat sebelum memutuskan pilhan.

1. Dalam memilih bahan material apapun untuk tempat tinggal Anda, hal pertama yang harus selalu Anda lakukan adalah mencari tahu kredibilitas dari produsen bahan tersebut. Semakin dipercaya dan semakin besar nama sebuah produsen, setidaknya dapat menjadi jaminan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan nama produsen yang belum dikenal. Bisa juga hal ini dikaitkan dengan daftar client/customer yang pernah menggunakan jasanya, secara tidak langsung hal ini turut menunjukkan kredibilitas maupun kualitas kerjanya.

2. Jangan pernah ragu untuk selalu meminta informasi detil ukuran dan spesifikasi lengkap dari material rangka atap baja ringan yang akan Anda pilih. Terutama mintalah dimensi/ukuran dari Rangka Utama (C Channel), semakin besar/ tebal C Channel maka semakin besar pula berat beban yang dapat ditanggungnya. Demikian juga jika semakin kecil/tipis C Channelmaka berat bebannya pun semakin kecil.

3. Jika material konstruksi yang tengah anda cari adalah rangka atap baja ringan maka relevean rasanya jika Anda juga mengetahui informasi soal ketebalan lapisan anti karat dari bahan material tersebut. Ada aturan baku yang berlaku umum untuk standar fabrikasi baja ringan yang digunakan untuk konstruksi rangka atap, berikut :

a. Galvanis, merupakan pelapisan dengan seng (Zinc)saja, ketebalan minimum lapisan anti karat biasanya 180gr/m2. Jika angkanya lebih besar dari itu semakin baik kualitas lapisan anti karatnya.

b. Galvalum,  merupakan pelapisan dengan seng (Zinc)dan aluminium dengan ketebalan minimum lapisan karat adalah 150gr/m2. Tiap produsen memiliki aturan komposisi campuran antara seng dengan aluminium berbeda – beda.

4. Dalam transaksi pembelian, Anda pasti akan diberi software untuk membantu dalam proses pemasangannya. Namun tetap perlu Anda pastikan, software yang diberikan tersebut memiliki sertifikasi dari badan/ konsultan konstruksi yang berpengalaman.

5. Jangan pernah ragu untuk meminta saran dan pendapat dari konsultan konstruksi atau arsitek yang berpengalaman dalam proses pemasangan, agar tidak terjadi kesalahan.

Semoga dengan 5 tips singkat Memilih Rangka Atap Baja Ringan dapat membantu Anda agar tidak salah ketika memilih atap baja ringan yang akan digunakan pada rumah impian Anda.

Leave a Reply