Menyiasati Biaya Aplikasi Rangka Atap Baja Ringan

Menyiasati Biaya Aplikasi Rangka Atap Baja Ringan РAnda tidak perlu khawatir bila tertarik menggunakan rangka atap baja ringan, namun ragu-ragu mengingat harganya sepertinya lebih mahan dibanding mengaplikasikan kayu pada struktur Rangka Atap. Berikut kami sajikan tips singkat bagaimana  cara menyiasati biaya aplikasi rangka atap baja ringan:

1. Perhatikan derajat kemiringan atap

Idealnya, kemiringan atap berada pada kisaran 25 dan 30 derajat. Semakin curam kemiringan, maka dipastikan akan menambah besar jumlah luas atapnya.  Takaran ideal ini dilihat baik dari segi konstruksi, maupun dari sisi jumlah luasnya. Dengan tingkat kemiringan seperti itu, jumlah bahan yang dipergunakan untuk rangka atap baja ringan akan efisien.

Berbeda halnya ketika Anda memilih menggunakan rangka atap dengan kemiringan lebih kecil (landai) atau lebih besar (curam). Untuk kemiringan yang lebih curam dibutuhkan material yang juga lebih banyak. Akibatnya, harga pun bisa lebih mahal.

2. Perhatikan beban atap

Aplikator rangka atap baja ringan sangat mempertimbangkan beban atap dalam membuat konstruksi. Biasanya, semakin besar beban atap diperlukan konstruksi lebih kuat untuk memikul beban tersebut. Artinya, semakin banyak pula bahan yang dipergunakan.

Beban terdiri dari beban hidup, beban mati dan beban angin. Variabel yang bisa disiasati adalah beban mati, yaitu penggunaan penutup atapnya, karena itu pertimbangkanlah penggunaan material penutup atap dengan bobot lebih ringan.

3. Bentuk atap

Bentuk atap rumit dengan banyak jurai dalam maupun jurai luar, serta aksesoris akan menambah kebutuhan material baja ringan yang digunakan. Bentuk atap paling efisien adalah pelana dan limasan berikut kombinasinya. Bila memakai atap dengan model lengkung, tetap dapat menggunakan rangka atap baja ringan namun dengan harga relatif lebih mahal.

Demikian tips singkat bagaimana menyiasati biaya aplikasi rangka atap baja ringan, semoga bermanfaat. Jika ada hendak bertanya lebih lanjut, jangan sungkan untuk menghubungi kami, Tim AtapBajaRinganOnline.com

Leave a Reply