Pilih Rangka Atap Baja Ringan atau Kayu?

Rangka Atap Baja Ringan atau Kayu? – Bagian penting dari sebuah bangunan diantaranya adalah Atap. Bangunan megah, mahal, berfurniture lengkap, namun jika hujan datang harus disibukkan oleh atap rumah yang bocor apalah artinya.

rangka atap baja ringan

Hal tidak menyenangkan lainnya, tiba-tiba Anda tahu bahwa rangka atap rumah Anda keropos dimakan rayap. Was-was, khawatir dan kebayang berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggantinya.

Karena itu, sangat penting sekali memilih rangka atap yang tahan rayap, tahan bocor, dan tahan lama, karena rumah merupakan salah satu aset sekaligus investasi Anda. Oleh sebab itulah, kami munculkan sebuah pertanyaan Rangka Atap Baja Ringan atau Kayu? mendasarkan pada perkembangan teknologi material Rangka Atap yang ada saat ini.

Sebagian Arsitek berpendapat bahwa sebaiknya mendahulukan atap yang bagus dibanding memplester tembok atau memasang keramik di lantai. Hal ini didasari pada percuma saja mempunyai rumah dengan dinding dan perabotan yang bagus jika atapnya buruk.

Secara garis besar, terdapat dua jenis materi penyusun Rangka Atap yang banyak digunakan masyarakat kita. Yang Pertama, Rangka Atap berbahan Kayu, sebagai tempat bersandarnya genteng tanah liat maupun beton. Jenis material ini pemasangannya tak sulit. Cukup mengaitkan genteng ke reng, lalu sisi bagian lain ditindih genteng lainnya seperti anyaman.

rangka atap kayu

Jenis materi yang kedua, Rangka Atap Baja Ringan, yang akhir-akhir ini mulai booming di pasaran. Rangka baja ringan bermutu tinggi dan memiliki sifat ringan dan tipis. Baja ini dikenal dengan cold form steel atau dibentuk setelah dingin.

Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi sekitar 550 MPa. Berbeda dengan baja biasa sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4 mm-1mm.

Kualitas Rangka Atap Baja Ringan yang tinggi membuat harganya juga tinggi. Namun, hal ini akan melindungi akan melindungi nilai investasi aset berharga Anda. Orang yang menggunakan baja ringan dianggap merupakan orang yang mengerti investasi. Karena, jika dihitung secara finansial, penggunaan rangka baja ringan akan menguntungkan pemilik bangunan.

Penggunaan Rangka Atap Baja Ringan memiliki sejumlah kelebihan dibanding Rangka Kayu, diantaranya:

  • nilai muai dan susutnya sangat kecil, tidak cepat berubah meskipun terkena panas dan dingin. Berbeda dengan kayu yang gampang lapuk jika terkena panas dan dingin.
  • Dengan baja ringan, pemilik bangunan tidak perlu memikirkan biaya perawatan pada tahun-tahun berikutnya.
  • Selain itu, bobot rangka baja sangat ringan dibanding kayu. Itu berarti beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah, sehingga strukturnya lebih irit.
  • Baja ringan juga bersifat non-combustible atau tidak membesarkan api. Artinya, jika terjadi kebakaran, baja ringan tidak membesarkan api. Berbeda dengan kayu yang membuat api menjadi besar.
  • Keunggulan baja ringan yang paling bisa terlihat adalah tidak dimakan rayap, berbeda dengan kayu yang setiap saat terancam rayap.
  • Pemasangan rangka atap baja ringanpun lebih cepat dan praktis, karena dilengkapi pengunci khusus.
  • hasil terpasang atap baja ringanlebih rata atau flat jadi pemasangan genteng lebih rapi dan lebih bagus
  • Disamping itu, ukurannya yang fantastis, lebar 40,6 mm dan panjang sesuai pesanan, mempercepat proses pengerjaan. Juga memperkecil kemungkinan bocor atau rembes.

So, bisa diterima dengan logika bukan bahwa Rangka Atap Baja Ringan merupakan pilihan yang tepat. Terbukti bahwa kemajuan teknologi dihadirkan untuk membawa dampak yang lebih baik bagi kehidupan kita. Jika Anda berencana membangun, merenovasi bagian rumah, dimana Atap menjadi salah satu objeknya, maka Rangka Atap Baja Ringan sangat patut Anda pertimbangkan.

Post a Comment

You might also likeclose