Trend Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan

Trend konstruksi rangka atap dengan material baja ringan beberapa tahun belakangan ini telah menjadi hapening dan menemukan periode boomingnya. Bisa kita lihat proyek-proyek pengembangan hunian baru hampir seluruhnya menggunakan material truss ini. Semakin mahalnya harga kayu berkualitas turut berperan besar bagi para kontraktor konstuksi untuk beralih ke material baja ringan.

Desain rangka atap baja ringan merupakan bentuk inovasi teknologi konstruksi terbaru terkait struktur atap yang menggunakan baja yang kuat akan tetapi sangat ringan untuk bobotnya. Sebelumnya pasti Anda sudah mengetahui bahwa baja itu identik dengan berat dan ukuran yang besar. Keunggulan ‘kuat’ sekaligus ‘ringan’ pada baja ringanlah yang mampu menempatkannya sebagai pilihan pengganti rangka atap kayu berkualitas.

Desain rangka atap dengan material baja ringan diklaim memiliki kekuatan yang mampu menandingi alternatif truss atap lainnya, karena bahan baja yang digunakan adalah jenis cold rolled coil (CRC) dengan bentuk profil yang didesain khusus untuk mendapatkan kekuatan maksimalnya. Nah pada kesempatan ini atapbajaringanonline.com coba rangkumkan untuk anda informasi mengenai desain rangka atap baja ringan yang lengkap dengan biaya pemasanganya.

Rangka Atap Baja Ringan Gedung Sekolah

pemasangan rangka baja ringan oleh atapbajaringanonline.com

Sebelumnya dilanjutkan pada ulasan lebih jauh perihal konstruksi rangka atap baja ringan ini, terlebih dahulu kami sampaikan keunggulan dan kekurangan dari rangka atap baja ringan yang mungkin menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum memilih bahan baja untuk rangka atap rumah minimalis Anda.

Keunggulan material rangka atap baja ringan :

  1. Rangka bangunan dengan bobot yang  ringan sehingga tidak memberatkan struktur bangunan anda.
  2. Anti rayap, sangat berbeda dengan kayu yang mempunyai resiko mudah keropos dan lapuk, khususnya sebab serangan rayap.
  3. Proses pemasanganya lebih cepat dibanding rangka atap dari kayu, bisa di pabrikasi terlebih dahulu kemudian Anda tinggal memasang dilokasi pembangunan rumah.
  4. Mutu atau kualitas materialnya tidak berubah-ubah, tidak akan melapuk karena usia lanjut.
  5. Tahan terhadap karat.
  6. Anda tidak perlu mengecatnya karena rangka atap baja ringan sudah diwarnai sedemikian rupa sehingga sudah nampak elegan.

Sementara beberapa kekurangan rangka atap ini adalah:

  1. Pemilihan material memerlukan perhitungan struktur yang cukup rumit dan detail, karena jika salah hitung struktur dapat mengalami kegagalan dan akibatnya adalah roboh total.
  2. Tergolong sebagai material rangka atap yang cukup mahal dibanding jenis lainya, namun keberadaan kayu berkualitas juga semakin langka telah membuat baja ringan menjadi pilihan yang lebih murah.
  3. Tidak bisa asal membuat rangka atap, perlu gambar kerja yang detail mengikuti perhitungan struktur yang benar, sehingga atap bisa dibangun dan berfungsi dengan baik.
  4. Dari segi tampilan arsitektur terlihat kurang bagus jika tidak didesain sedemikian rupa, oleh karena itu diperlukan plafond penutup agar langit-langit terlihat lebih cantik secara estetika.
  5. Tidak bisa sembarang dipasang oleh tukang bangunan pada umumnya, Anda harus menggunakan tenaga aplikator yang berkompeten dalam pemasangan material yang satu ini.

Harga Rangka Atap Baja Ringan :

Untuk wilayah jakarta dan sekitarnya seperti tangerang, bogor, depok dan bekasi Anda bisa mendapatkan penawaran rangaka baja ringan terpasang dengan rentang harga Rp.130.000 s/d Rp.350.000. Rentang harga tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan sebagai konsumen yang cerdas sudah sepatutnya Anda mengetahui hal ini, agar tetap bisa mendapatkan kualitas atap oke namun biaya konstruksi Anda tetap kompetitif.

  1. Bahan/jenis baja dan pelapis yang digunakan (galvanis atau galvalum misalnya), merek yang dipakai, serta ukuran (ketebalan) material yang digunakan.
  2. Tingkat kesulitan pengerjaan, misalnya pada atap pelana akan berbeda harganya dengan atap perisai.
  3. Jenis material finishing atap yang digunakan apakah mau genteng, asbes, dll. karena berpengaruh pada total berat penutup atap, hal ini berarti mempengaruhi dimensi baja ringan yang akan dipakai.
  4. Margin yang diperhitungkan oleh si aplikator.

Lalu bagaimana dengan mekanisme perhitungan biaya konstruksinya? Contoh Perhitungan Biaya pemasangan Rangka Atap Baja Ringan sebenarnya sudah pernah kami ulas pada posting terdahu, untuk membacanya ulang silahkan klik link berikut. Namun demikian, tidak ada salahnya kami perkenalkan cara hitung sederhananya pada posting kali ini.

Sebagai contoh kita akan membangun rumah minimalis dengan luas atap 100 m2 (bagaimana cara menghitung luas atap? baca posting kami dengan Cara Menghitung Luas Rang Atap Baja Ringan) dengan harga per meter persegi terpasang yang ditawarkan oleh aplikator Rp. 145.000/m2. Maka perhitungan total biaya pemasangan rangka atap baja ringan adalah sebagai berikut.

Rp. 145.000 X 100 m2 = Rp. 14.500.000

Harga/biaya konstruksi ini bisa dikatakan relatif murah dengan kualitas rangka atap yang diklaim kuat dan umur ekonomis yang panjang.

Dibawah ini tim atapbajaringanonline.com akan memberikan contoh desain rangka atap baja ringan yang bisa menginspirasi Anda dalam pemilihan rangka atap yang baik dan berkualitas baik.

bagian rangka atap baja ringan

bagian rangka atap baja ringan

 

pasang rangka baja ringan

pasang rangka baja ringan

desain rangka baja ringan

desain rangka baja ringan

model rangka baja ringan

model rangka baja ringan

Beberapa model konstruksi rangka baja ringan di atas kami kumpulkan dari beberapa sumber aplikator konstruksi material ini. Semua kembali kepada Anda mau memilih rangka atap dari bahan apa saja. Sebenarnya banyak sekali desain rangka atap yang bisa Anda contoh seperti rangka atap seperti rumah joglo jogja bagi orang yang menyukai keunikan dan nilai seni yang tinggi. Kami sarankan Anda untuk berdiskusi kepada orang yang ahli tentang hal membuat desain rangka atap baja ringan. Atau Anda bisa meminta pertolongan seorang arsitek kepercayaan Anda.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang contoh desain rangka atap baja ringan yang lengkap beserta biaya pemasanganya. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang desain rangka atap baja ringan.

Leave a Reply

You might also likeclose